PRESENTASI E LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN

 PRESENTASI E LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN

PENGERTIAN E-LEARNING

E-Learning
Ilustrasi E-Learning
E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Berikut beberapa pengertian E-learning dari berbagai sumber:
  1. Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013:27). 
  2. Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).
  3. Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa (Ardiansyah, 2013).

Karakteristik E-learning

Menurut Rosenberg (2001) karakteristik E-learning bersifat jaringan, yang membuatnya mampu memperbaiki secara cepat, menyimpan atau memunculkan kembali, mendistribusikan, dan sharing pembelajaran dan informasi.

Karakteristik E-learning menurut Nursalam (2008:135) adalah:
  1. Memanfaatkan jasa teknologi elektronik.
  2. Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan komputer networks)
  3. Menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri (self learning materials) kemudian disimpan di komputer, sehingga dapat diakses oleh doesen dan mahasiswa kapan saja dan dimana saja.
  4. Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer.

Manfaat E-learning

Manfaat E learning adalah:
  1. Fleksibel. E-learning memberi fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses perjalanan.
  2. Belajar Mandiri. E-learning memberi kesempatan bagi pembelajar secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar.
  3. Efisiensi Biaya. E-learning memberi efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggara, efisiensi penyediaan sarana dan fasilitas fisik untuk belajar dan efisiensi biaya bagi pembelajar adalah biaya transportasi dan akomodasi.
Manfaat E-learning menurut Pranoto, dkk (2009:309) adalah:
  1. Penggunaan E-learning untuk menunjang pelaksanaan  proses belajar dapat meningkatkan daya serap mahasiswa atas materi yang diajarkan.
  2. Meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa.
  3. Meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa.
  4. Meningkatkan kemampuan belajar mandiri mahasiswa.
  5. Meningkatkan kualitas materi pendidik dan pelatihan.
  6. Meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi, dimana dengan perangkat biasa sulit dilakukan.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E LEARNING
Keuntungan dari penggunaan e-learning menurut salah satu sumber yaitu:
  1. Merupakan media komunikasi yang efektif, cepat dan kredibel untuk menyampaikan materi elearning dari seorang pakarnya
  2. Mencakup area yang luas
  3. Peserta memperoleh visualisasi lengkap pembicarannya.
  4. Kelas Besar atau kecil : Kelas tidak membutuhkan bentuk fisik lagi, semuanya dapat dibangun dalam aplikasi Internet.
  5. Kapan saja, dimana saja : Dapat diakses dari lokasi mana saja dan bersifat global. Elearning menghilangkan batasan waktu dan tempat dengan karakteristik kelas tradisonal dengan menggunakan mode komunikasi asynchronous seperti email, diskusi online, mahasiswa dapat mengakses 24 jam setiap hari.
  6. Membangun Komunitas : Pembelajaran adalah proses sosial. Siswa dapat belajar saling tukar informasi satu dengan yang lain seperti dengan instruktur. Dapat diciptakan interaksi yang bersifat real time maupun non-real time.
  7. Peningkatan Pembelajaran siswa : Melalui Internet organisasi akan dapat lebih fokus pada penyelenggaraan program pendidikan/pelatihan. Mengakomodasi keseluruhan proses belajar dan juga transaksi. Materi dapat dirancang secara multimedia dan dinamis. Peserta belajar dapat terhubung ke berbagai perpustakaan maya di seluruh dunia dan menjadikannya sebagai media penelitian dalam meningkatkan pemahaman pada bahan ajar. Guru/instruktur/dosen dapat secara cepat menambahkan referensi bahan ajar yang bersifat studi kasus, trend industri dan proyeksi teknologi ke depan melalui berbagai sumber untuk menambah wawasan peserta terhadap bahan ajarnya. Sedangkan untuk keuntungan dari penggunaan blended learning sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online, tapi lebih daripada itu sebagai elemen dari interaksi sosial yaitu:
  • Adanya interaksi antara pengajar dan mahasiswa
  • Pengajaran pun bisa secara on line ataupun tatap muka langsung
  • Blended Learning = combining instructional modalities (or delivery media),
  • Blended Learning = combining instructional methods
Adapun kekurangan dari sistem pembelajaran E-Learning adalah sebagai berikut:
  1. Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial.
  2. Proses belajar dan mengajarnya cenderung kearah pelatihan daripada pendidikan.
  3. Berubahnya peran guru dan yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT.
  4. Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal
  5. Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet (mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).
  6. Kurangnya penguasaan komputer.
  7. Kurangnya interaksi antara guru dan siswa bahkan antar-siswa itu sendiri. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar-mengajar. Sedangkan kekurangan pada penerapan Blended Learning menurut analisis yang saya lakukan adalah bahwa penerapan ataupun penggunaan blended learning ini sangat baik, di mana sistem pembelajaran campuran antara pembelajaran on line (melalui media internet) dan juga pembelajaran face – to- face (tatap muka langsung dengan pengajar) , Kelebihan lainnya adalah, pengajar mampu memonitor perkembangan siswa ,karena hal itulah membuat saya sendiri binggung apa kekurangan dari sistem pembelajaran ini.

 

Aplikasi Edmodo
    Dalam presentasi E-Learning ini, saya menggunakan aplikasi edmodo yang mana edmodo merupakan platform microblogging pribadi yang di kembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat di lihat pubik.
Fungsi Edmodo

1. Untuk mempermudah komunikasi antara murid dengan murid atau guru dengan guru / dosen.
2. Sebagai sarana komunikasi belajar / berdiskusi.
3. Sebagai tempat untuk ujuan / quiz, dan lain sebagainya.
berikut ini adalah link e-learning yang saya gunakan :
https://youtu.be/-Z_c7rPcRII

Permasalahan :
1. Apakah aplikasi yang saya gunakan telah efektif untuk digunakan dalam pengembangan pembelajaran kimia ?
2. Berdasarkan dari video yang saya tayangkan , jelaskan kekurangan yang dapat menghambat pembelajaran siswa , dan bagaimana cara mengatasinya?
3. Sebutkan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menarik siswa agar dapat aktif dalam pembelajaran berbasis e-Learning, khususnya dengan aplikasi edmodo ini .


Komentar

  1. Saya ingin mencoba menanggapi permasalahan pertama saudari menurut saya Edmodo cukup Efektif untuk pembelajaran kimia karena selain berkas edmodo juga bisa mengiris dalam bentuk video. EDMODO adalah platform pembelajaran yang aman bagi guru, siswa dan sekolah berbasis sosial media.
    Keefektifannya juga terletak pada pembelajaran dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dapat dilakukan dari device apa saja yang mendukung.
    Aplikasi ini memerlukan jaringan internet yang menyeluruh dan aktif. Disinilah letak ketidak efektifan edmodo dan aplikasi internet lainnya terganggu karena tidak semua tempat diindonesia memiliki koneksi internet yang baik. Selain itu tidak semua siswa memiliki sarana untuk mengaksesnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan munik, dan aplikasi yang kamu gunakan telah efektif untuk digunakan dalam pengembangan pembelajaran kimia jika di dalamnya telah memenuhi persyaratan dalam pembelajaran elektronik yaitu, tercantumkannya tujuan pembelajaran, ada materi, aktifitas guru dan siswa, evaluasi, tugas akhir dan penilaian yang harus dilakukan oleh sang guru.

      Hapus
  2. Baiklah saya akan menjawab permasalahan nomor 3.
    Langkah yang dapat dilakukan kita sebagai guru untuk menarik perhatian siswa agar menjadi lebih aktif menurut saya dapat dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan pertanyaan ataupun memberikan materi kepada siswa dan mempersilahkan siswa untuk bertanya, dan memberikan poin kepada siswa yang aktif, agar siswa tersebut tergugah untuk menjadi lebih aktif, memberikan kuis ataupun tugas tugas pada aplikasi edmodo juga dapat membantu siswa agar menjadi lebih aktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan intan dengan memberikan pertanyaan , namun disini saya ingin menambahkan sedikit didalam proses e-learning diterapkan sistem point, setiap pertanyaan akan mempunyai point yang berbeda. Siswa yang banyak mengumpulkan point akan diberikan hadiah berua permen, coklat atau nilai tambah

      Hapus
  3. baiklah saya akan mencoba menanggapi permasalahan no 3 dimana langkah2 yang dapat dilakukan untuk menarik siswa adalah seperti berikut :

    Berpusat pada peserta didik
    Bahan pelajaran up to date/mudah di up date
    Bercirikan multimedia
    Belajar secara bebas tanpa merasa tertekan
    Dapat didesain untuk menyimpan catatan prestasi: umpan balik, pengayaan, evaluasi akhir, dll

    BalasHapus
  4. Baiklah sya akan mencoba menjawab permasalahan no 1 .. menurut sya cukup efektif ..disegi klengkapan aplikasi ..tetapi semuanya tergantung guru ..cara dia mengatur semua sisten pembelajarannya

    BalasHapus
  5. Baiklah disini saya akan menjawab pertanyaan nomor satu, menurut saya aplikasi yg anda gunakan sudah cuku efektif untuk pembelajaran e learning

    BalasHapus
  6. baiklah saya akan menjawab permasalahan no 1, menurut saya aplikasi yang digunakan sudah cukup efektif untuk pembelajaran e-leaerning apabila sudah lengkap dengan tujuan,adanya interaksi oleh siswa,diberikan tugas,dan evalusai saat pembelajaran berlangsung.

    BalasHapus
  7. Menjawab permwsalahan pertama
    Menurut saya sudsh efektif karena pada palikasi edmodo terdapat konten yang dapat mengirimkan dokumen, video, audio maupun gambar namun menggunakan aplikasi ini harus memastikan siswa terjangkau oleh sinyal secara baik dimana pun posisi ia berada saat dilakukan pembelajaran

    BalasHapus
  8. saya akan menanggapi permasalahan saudari dimana Apakah aplikasi yang saya gunakan telah efektif untuk digunakan dalam pengembangan pembelajaran kimia ?
    menurut saya sudah efektif jika dilakukan dengan murid yang selalu merespon apa yang kita sampaikan, dan perlu dikoreksi adalah memfariasikan bentuk materi yang di sampaikan ke pada siswa, misalnya ppt, vidio, pdf buku, koran dan bisa juga majalah sehingga kemampuan wawasan murid menjadi lebih luas

    BalasHapus
  9. baiklah saya akan menaggapi permasalahan anda yang pertama, menurut pendapat saya aplilkasi yang anda gunakan efektif apabila digunakan dalam pembelajaran kimia karena dapat :
    1. Untuk mempermudah komunikasi antara murid dengan murid atau guru dengan guru / dosen.
    2. Sebagai sarana komunikasi belajar / berdiskusi.
    3. Sebagai tempat untuk ujuan / quiz, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  10. baik saya akan menjawab permasalahan no 1
    keefektifan suatu elearning tidak tergantung dari aplikasi yang digunakan. namun terjadinya komunikasi yang tidak hentinya. atau keaktifan keantusiasan siswa dalam menanggapi suatu pembelajaran. jadi aplikasi apa saja boleh digunakan tapi asalkan interaksi siswa dan guru tidak terganggu

    BalasHapus
  11. Menurut saya sudah cocok dan efektif tetapi ada baik nya jika diseimbangkan dengan tujuan pembelajaran.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-prinsip Dasar Multimedia Pembelajaran

PENGEMBANGAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA