PRESENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KIMIA HASIL PENGEMBANGAN
Multimedia PowerPoint
Microsoft PowerPoint merupakan program aplikasi persentasi dalam komputer (Susilana, 2007: 99). Sebagai program aplikasi presentasi yang populer, Microsoft PowerPoint paling banyak digunakan untuk berbagai kepentingan persentasi, baik persentasi produk, meeting, seminar, lokakarya, dan dalam pembelajaran. Dengan menggunakan PowerPoint, kita dapat membuat persentasi secara professional dan bahkan jika perlu hasil persentasi dapat ditempatkan di server web untuk diakses sebagai bahan pembelajaran atau informasi yang lainnya. Selain penggunaannya mudah, program PowerPoint dapat diintegrasikan dengan Microsoft yang lainnya seperti Word, Excel, access dan sebagainya (Susilana, 2007: 99)
Keunggulan Multimedia PowerPoint
Menurut Herlanti (dalam Munadi, 2010: 150), keunggulan multimedia PowerPoint antara lain:
(1) Mampu menampilkan objek-objek yang sebenarnya tidak ada secara fisik atau diistilahkan dengan imagery. Secara kognitif pembelajaran dengan menggunakan mental imagery akan meningkatkan retensi siswa dalam mengingat materi-materi pelajaran,
(2) Mampu mengembangkan materi pembelajaran terutama membaca dan mendengarkan secara mudah,
(3) Memiliki kemampuan dalam menggabungkan semua unsur media seperti teks, gambar, video, grafik, tabel, suara dan animasi menjadi satu kesatuan penyajian yang terintegrasi,
(4) Dapat mengakomodasi peserta didik sesuai dengan modalitas belajarnya terutama bagi mereka yang memiliki tipe visual, auditif, kiestetik, atau yang lainnya.
Karena menurut Susilana (2007: 100) secara umum, modalitas belajar siswa dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu visual, auditif dan kinestetik.
Program Power Point juga merupakan salah satu software yang dirancang khusus untuk menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan dan penggunaaannya serta relatif murah karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpanan data (Susilana, 2007: 99).
Alasan saya memilih multimedia power point adalah dikarenakan saya sulit untuk menerima informasi yg diberikan oleh guru apabila guru tersebut hanya menjelaskan saja. Sehingga saya memilih multimedia video power point dikarenakan menurut saya multimedia ini dapat membantu saya lebih mudah untuk memahami informasi yg diberikan oleh guru, yang mana didalam media power point ini ada banyak hal yg sangat membantu, mulai dari gambar, video, grafik, tabel, dll.
Pada presentasi pengembangan multimedia ini saya mengambil materi asam dan basa yang mana akan dijelaskan didalam link berikut ini.
https://youtu.be/2rscXZ045mU
Permasalahan
1. Bagaimana cara menarik perhatian siswa agar menyukai multimedia powerpoint, agar pembelajaran dapat lebih fokus?
2. Menurut anda apa kelemahan dari multimedia power point ini, serta jelaskan cara mengatasi hal tersebut, agar pembelajaran dapat berjalan efektif?
3. Jelaskan manfaat dari multimedia power point ini, menurut anda apakah multimedia ini sudah efektif diterapkan pada siswa atau belum, serta berikan alasanya?
menanggapi pertanyaan pertama, cara menarik perhatian siswa tentunya bagaimana guru membawa siswa menuju kemateri yang akan disampaikan. pembawaan guru pada awal pembelajaran dirasa cukup penting untuk menarik minat siswa ke jenjang pembelajaran selanjutnya. kemudian selain hal tsb, pembuatan media ppt yang lebih kaya akan animasi, gambar, penjelasan yang relefan, video dan audio akan menarik daya pikat siswa untuk ikut memperhatikan materi yang disampaikan. semakin ahli guru mengolah atau menggunakan ppt, semakin menariklah ppt yang digunakan.
BalasHapusSaya setuju dengan pendapat agung, saya ingin menambahkan sedikit pada awal penyampaian hendaknya tidak langsung penjelasan tetapi suatu gambar yang membuat anak bingung dengan materi hari ini dan juga guru memberikan suatu pertanyaan mengenai gambar tersebut. itulah cara untuk menarik perhatian anak
Hapusberdasarkan penjelasan yang dipaparkan diatas, apakah multimedia ini hanya bisa digunakan untuk orang-orang yang ahli dalam bidang ini saja? langkah apa yang harus dilakukan agar kriteria dari pembuatan multimedia ini dapat berjalan efektif?
HapusSaya setuju dgn pendapat agung & yulinda, dan sedikit menambahkan terkait cara menarik perhatian siswa agar menyukai multimedia powerpoint, yaitu dgn tidak memasukkan terlalu banyak tulisan2 penjelasan, karena dpt membuat siswa bosan. Sehingga dlm menggunakan media berbasis ppt sebaiknya seorang guru menguasa secara keseluruhan materi yg akan fi sampaikam, dan saran, di sela2 setiap slide ppt dpt di sisipkan tes konsentrasi untk siswa. Agar perhatian siswa tertuju pd ppt tersebut.
Hapusbaik saya akan menambahi jawaban permasalahan ini..
Hapusuntuk menarik perhatian dan minat siswa dapat dilakukan dengan mengaitkan metode yang digunakan dengan media. kita dapat menggunakan media power point jika kita bisa membuat media itu bagus. dan kalau menurut saya metode pengajaran juga sangat berpengaruh mengenai minat dan perhatian siswa. nah saran saya menggunakan metodel PBL dengan media power point
saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 2.
BalasHapusKekurangan penggunaan power point sebagai berikut:
a. Membutuhkan keahlian yang lebih untuk dapat membuat power point yang benar dan menarik.
b. Dibutuhkan kesabaran dan tahap demi tahap untuk menyusun dan membuat power point sehingga membutuhkan waktu yang tidak sedikit.
c. Anak didik terkadang lebih memperhatikan animasi dalam power point dibandingkan materinya jadi jangan gunakan animasi yang tidak perlu.
cara mengatasinya adalah seperti yang telah dijelaskan saudara agung yaitu membuat media tersebut lebih menarik tapi tetap berfokus pada materi. dan saat pembuatan multimedia tersebut haruslah tetap memperhatikan prinsip-prinsip dlam multimedia yang telah kita pelajari.
Saya setuju dengan pendapat gita mengenai cara mengatasi dari kekurangan ppt dan disini saya akan menambahkan kekurangannya dimana Kelemahannya adalah:
Hapus1.Pengadaannya mahal dan tidak semua sekolah dapat memiliki
2.Tidak semua materi dapat disajikan dengan menggunakan powerpoint
3.Membutuhkan keterampilan khusus untuk menuangkan pesan atau ide-ide yang baik pada desain program komputer microsoft powerpoint sehingga mudah dicerna oleh penerima pesan
4.Memerlukan persiapan yang matang, bila menggunakan teknik-teknik penyajian (animasi) yang kompleks.
Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa masing-masing media mempunyai kelemahan dan kelebihan. Begitu juga dengan media powerpoint juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Salah satu kelemahan media powerpoint adalah tidak semua materi pembelajaran dapat disajikan dengan menggunakan media powerpoint. Tetapi disisi lain media powerpoint memiliki kelebihan siswa menjadi tertarik dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran.
Baiklah disini saya akan menjawab permasalahan nomor 3 yaitu manfaat dr penggunaan powerpoint adalah :
BalasHapusa. Materi pembelajaran akan menjadi lebih menarik.
b. Penyampaian pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.
c. Materi pembelajaran disampaikan secara utuh, ringkas, dan cepat melalui pointer-pointer materi.
Saya akan menjawab permasalahan nomor 3.
BalasHapusMenurut Azhar arsyad, beberapa manfaat dari penggunaan media pembelajarn di dalam proses belajar mengajar sebagai berikut :
1) Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
2) Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatrian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antar siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
3) Media pembelajaran dapat mengatasi katerbatasan indera, ruang, dan waktu.
Menurut saya cocok digunakan untuk siswa jika powerpoint yang dibuat tersebut memenuhi kriteria yang seharusnya. Tidak banyak menggunakan animasi animasi yang kurang bermanfaat yang dapat mengganggu konsentrasi siswa terhadap materi pembelajaran.
Saya ingin mencoba menanggapi permasalahn pertama saudari yaitu “Bagaimana cara menarik perhatian siswa agar menyukai multimedia powerpoint, agar pembelajaran dapat lebih fokus?” menurut saya agara power poin menjadi lebih menarik kita harus menambahkan beberapa animasi didalamnya tetapi usahakan animasinya berhubungan dengan materi. Selain itu kurangi animasi yang terlalu mencolok dan tidak ada hubungannya dengan materi karena dapat merusak focus siswa. Selain itu didalam power point kita juga bisa menambahkan video yang berhungan dengan contoh materi misalnya pada materi korosi kita bisa menambahkan video mengenai proses perkorosian besi. Terakhir dalam power point usahakan agar tidak terlalu banyak tulisan karena akan terlihat membosankan bagi beberapa siswa.
BalasHapussaya akan menanggapi permasalahan no.1 seperti yang kita ketahui siswa melihat teks dalam ppt yang panjang akan mudah bosan, untuk itu kita sebagai guru harus membuat ppt dalam bentuk teks yang okok-pokok saja selanjutnya keterangannya bisa kita jelaskan secara langsung, ppt sebaiknya juga dibuat seperti multimedia interaktif yang terdiri dari beberapa foto, teks, animasi agar siswa tertarik melihatnya, kita juga bisa memasukkan video untuk membantu anak melihat kejadian secara nyata tanpa harus mengkhayalkannya.
BalasHapusSaya kan mencoba menjawab permsalahn no 1... menurut sya ppt jangan terlalu bnyak animasi ..kita hanya bisa menggunakan intinya saja
BalasHapussaya akan menanggapi pertanyaan saudari dimana Bagaimana cara menarik perhatian siswa agar menyukai multimedia powerpoint.
BalasHapusmenurut saya anda menggabungkan gambar, vidio audio dan contoh contoh sesuai dengan lingkungan siswa itu sendiri sehingga ketertarikan siswa dapat mampu membuat siswa lebih giat belajar dan memahami pembelajaran yang disampaikan
baiklah saya akan menaggapi permasalahan anda yang pertama. menurut pendapat saya pembelajaran dapat fokus dengan multimedia power point adalah dengan cara membuat tampilan ppt lebih menarik sehingga siswa tertarik untuk belajar dan lebih fokus.
BalasHapusMenurut saya agar power point dapat berjalan baik dengan cara pembuatan media ppt yang lebih kaya akan animasi, gambar, penjelasan yang relefan, video dan audio akan menarik daya pikat siswa untuk ikut memperhatikan materi yang disampaikan. semakin ahli guru mengolah atau menggunakan ppt, semakin menariklah ppt yang digunakan.
BalasHapus