Multimedia Pembelajaran Revolusi Industri Era 4.0

  Multimedia Pembelajaran Revolusi Industri Era 4.0 
      Revolusi industri 4.0 sedang terjadi diberbagai belahan dunia. Di era ini, sebagian pekerjaan bisa dilakukan dengan menggunakan alat-alat berbasis teknologi. Tak dipungkiri, semua berjalan dengan mesin yang bernama komputer. Bahkan hampir semua lini pekerjaan pun sudah mengharuskan menggunakan komputer. Revolusi 4.0 pun disebutkan akan lebih banyak orang yang bekerja memanfaatkan komputer dengan bekerja di rumah dan menghasilkan uang.
      Era revolusi 4.0 akan berbasis pada penggunaan dunia digital, komputerisasi, dan analisa big data serta teknologi artificial intelligence (AI) dalam dunia industri. Hal ini harus disambut oleh pelaku industri dengan penuh kehati-hatian dan bijak.

Keuntungan Revolusi Industri 4.0

      Dibalik ancaman revolusi industri era 4.0 terdapat keuntungan yang sangat-sangat diidamkan oleh para pekerja. Terlebih bagi mereka yang selalu rindu akan suasana rumah.  kehadiran revolusi industri 4.0 membuat banyak pekerja bisa bekerja dari rumah.
Terpenting, mereka bisa terhubung dengan yang namanya internet. Orang-orang yang bekerja di rumah, cukup berkoordinasi via telpon maupun via email dengan atasan mereka atau dengan perusahaan yang memberikan mereka pekerjaan. Setelah itu, mereka bisa mengerjakan pekerjaan yang diberikan tersebut dari rumahatau dari mana pun yang memiliki akses internet tanpa harus datang ke kantor.
      Saat ini cukup banyak para pekerja kreatif yang bekerja di perusahaan-perusahaan digital menyelesaikan pekerjaan mereka dari rumah. Tak perlu lagi mereka takut dengan telat dan masalah absensi, karena mereka tidak akan lagi fokus pada urusan seperti itu.
Dalam dunia digital, hasil pekerjaan adalah hal penting dibandingkan dengan kehadiran di kantor. Para pekerja tak dituntut harus selalu datang ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Cukup bekerja dari rumah atau co-working space, mereka bisa mengerjakan berbagai jenis pekerjaan yang dibebankan kepada mereka semua. Sehingga sangat mudah dilakukan.
      Revolusi industri 4.0 memang menjadi ancaman bagi beberapa industri serta bagi beberapa pekerja. Namun akan menjadi keuntungan, jika industri dan pekerja bisa mengikutinya. Karena itu akan sangat menguntungkan para karyawan. Bekerja tanpa harus dengan fisik, tetapi semua bisa dilakukan dengan pikiran dan tenaga yang dituangkan dalam sistem komputer. Bekerja pun bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah, tetapi tetap menghasilkan seperti bekerja kantoran. Sudah siapkah Anda?
      Perubahan dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Segala hal menjadi tanpa batas (borderless) dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas (unlimited), karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang masif sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin. Era ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pendidikan tinggi.

      Ada lima elemen penting yang harus menjadi perhatian dan akan dilaksanakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing bangsa di era Revolusi Industri 4.0, yaitu:
1.   Persiapan sistem pembelajaran yang lebih inovatif di perguruan tinggi seperti penyesuaian kurikulum pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal data Information Technology (IT), Operational Technology (OT), Internet of Things (IoT), dan Big Data Analitic, mengintegrasikan objek fisik, digital dan manusia untuk menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang kompetitif dan terampil terutama dalam aspek data literacy, technological literacy and human literacy.

2. Rekonstruksi kebijakan kelembagaan pendidikan tinggi yang adaptif dan responsif terhadap revolusi industri 4.0 dalam mengembangkan transdisiplin ilmu dan program studi yang dibutuhkan. Selain itu, mulai diupayakannya program Cyber University, seperti sistem perkuliahan distance learning, sehingga mengurangi intensitas pertemuan dosen dan mahasiswa. Cyber University ini nantinya diharapkan menjadi solusi bagi anak bangsa di pelosok daerah untuk menjangkau pendidikan tinggi yang berkualitas.

3. Persiapan sumber daya manusia khususnya dosen dan peneliti serta perekayasa yang responsive, adaptif dan handal untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Selain itu, peremajaan sarana prasarana dan pembangunan infrastruktur pendidikan, riset, dan inovasi juga perlu dilakukan untuk menopang kualitas pendidikan, riset, dan inovasi.

4. Terobosan dalam riset dan pengembangan yang mendukung Revolusi Industri 4.0 dan ekosistem riset dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas riset dan pengembangan di Perguruan Tinggi, Lembaga Litbang, LPNK, Industri, dan Masyarakat.

5. Terobosan inovasi dan perkuatan sistem inovasi untuk meningkatkan produktivitas industri dan meningkatkan perusahaan pemula berbasis teknologi.

      Seiring pendidikan yang menyatu dengan internet, berbagai model pendidikan baru telah muncul. Salah satu bentuk representatif dari model pembelajaran adalah kelas membalik atau membalik kelas yang secara universal dikenal sebagai metode pendidikan yang inovatif di era digital. Pembelajaran terbalik adalah strategi instruksional dan jenis pembelajaran campuran yang membalikkan pengaturan pendidikan tradisional dengan memberikan konten instruksional, di luar kelas, seringkali online dalam format digital.

PERMASALAHAN
1. Pada era revolusi 4.0 banyak menggunakan alat elektronik.  Bagaimana dampak positif maupun negatif dari hal tersebut?
2. Apakah era revolusi 4.0 ini dapat membawa perubahan yang baik dibandingkan dengan era sebelum nya?
3. Strategi apa yg dilakukan guru pada siswanya dalam menghadapi era revolusi 4.0?

Komentar

  1. Menurut saya bisa membawa perubahan ke yang lebih baik lagi karena Seiring pendidikan yang menyatu dengan internet, berbagai model pendidikan baru telah muncul. Salah satu bentuk representatif dari model pembelajaran adalah kelas membalik atau membalik kelas yang secara universal dikenal sebagai metode pendidikan yang inovatif di era digital. Hal itu dapat mendorong kemajuan siswa.

    BalasHapus
  2. Baiklah, saya ingin menangggapi permasalahan anda yang kedua. Menurut pendapat saya revolusi industri akan membawa dampak baik daripada sebelumnya karena pada revolusi ini, kita akan lebih dituntut untuk berpikir maju dan tidak terlalu repot lagi untuk mengerjakan sesuatu hal atau menyelesaikan suatu masalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, karena dengan kemajuan teknologi yang dimanfaatkan secara benar dapat meringankan beban atau tugas manusia

      Hapus
  3. saya akan menanggapi permasalahan no 3,, dimana strategi yang harus dilakukan guru untuk kepada siswa dalam menghadapi revlusi industri tentunya melalui pelatihan-pelatihan penggunaan teknologi . Orientasi pendidikan tidak hanya berupa teori-teori, namun harus dibarengi dengan praktik. Praktek pembelajaran harus lebih diperbanyak dengan menggunakan teknologi- teknologi yang semakin canggih. Sehingga siswa akan mudah mengembangkan keterampilannya.
    Dalam proses belajar mengajar, guru harus benar-benar mau mengembangkan pendidikan yang berbasis teknologi sehingga akan terbentuk karakter kemandirian sebagai karakter yang dituntut dalam era global.

    BalasHapus
  4. Saya akan menanggapi permasalahan no.1 seperti yang kita ketahui Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan. Dampak positif dan negatif teknologi pada berbagai bidang adalah:
    1. Bidang Ekonomi
    a. Positif
     Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi
     Pertumbuhan ekonomi akan semakin tinggi
     Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
     Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan
     Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk
     Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu
    b. Negatif
     Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
     Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental instant
     Adanya aksi tipu menipu dalam proses jual beli online yang dapat merugikan beberapa pihak;

    2. Bidang Sosial
    a. Positif
     Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antar manusia dari suatu tempat ke tempat yang lain
     Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat
     Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat
    b. Negatif
     Dengan makin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah,yang asalnya face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi hampa
     Seseorang yang terus-menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis
     Dengan pesatnya teknologi informasi, baik internet maupun media lainnya,membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi,pornoaksi,maupun kekerasan makin mudah
     Interaksi anak dan computer yang bersifat satu (orang) menhadap satu (mesin) mengakibatkan anak menjadi tidak cerdas secara sosial

    BalasHapus
  5. saya akan menjawab pertanyaan nomor 1.
    Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
    Informasi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan pendidikan.
    Inovasi dalam pembelajaran tumbuh di hadapan e-learning inovasi yang lebih memudahkan proses pendidikan.
    Kemajuan TIK juga akan memungkinkan pengembangan teleconference kelas virtual atau kelas yang berbasis yang tidak memerlukan pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
    Sistem administrasi pada lembaga pendidikan akan lebih mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
    Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan pusat.
    Munculnya metode pembelajaran yang baru, yang memungkinkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi menciptakan metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi yang abstrak, karena materi dapat dibuat dengan bantuan teknologi abstrak.
    Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dan guru, tetapi juga dapat menggunakan layanan pos, internet dan lain-lain.
    Mengurangi lag dalam penggunaan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan negara-negara berkembang dan negara maju lainnya.
    Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

    Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan
    Ada biaya besar yang terlibat antara siswa miskin dan pendidikan yang bisa berakhir menjadi kerugian. Hal ini sering disebut sebagai faktor kesenjangan digital. Beberapa dampak negatif dari da Komunikasi Teknologi Informasi dalam pendidikan, antara lain:
    Pertimbangkan penggunaan TI dalam pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang masih berada dalam kendali sementara membuat pembelajaran dengan TI. Analisis pro dan kontra penggunaan.
    Mahasiswa dan kadang-kadang guru, bisa aspek adiktif teknologi, bukan isi pelajaran. Hanya karena topik dapat diajarkan melalui TI, itu tidak berarti bahwa itu diajarkan secara efektif melalui TI. Bahkan jika subjek dapat diajarkan secara efektif melalui TI, dan ada uang yang tersedia, itu tidak berarti bahwa selalu ada manfaat untuk itu. Ada banyak penelitian atau studi yang dilakukan untuk melihat dan melihat apakah penggunaan TIK dapat meningkatkan pembelajaran.
    Perlu untuk tujuan yang jelas. TI dipandang kurang efektif (atau tidak efektif) saat tujuan penggunaannya tidak jelas.

    BalasHapus
  6. baiklah saya akan mencoba menjawab pemasalahan kedua dimana dampak positifnya sebagai berikut :
    BIDANG PENDIDIKAN
    1. Siswa / mahasiswa menjadi tidak mudah bosan dihadapkan hanya pada buku teks
    2. Suasana pengajaran dan pembelajaran yang interaktif akan menggalakkan komunikasi berbagai hal ( pelajar-guru, pelajar-pelajar, pelajar-komputer )
    3. Gabungan berbagai media yang memanfaatkan sepenuhnya indra penglihatan dan pendengaran mampu menarik minat belajar
    4. Perkembangan Teknologi Informasi (TI) Pada bidang Pendidikan, dampak yang muncul ialah kegiatan belajar dan mengajar yang dikenal dengan konsep e-Learning.
    DAMPAK NEGATIF

    BIDANG PENDIDIKAN
    1. Dengan adanya pembelajaran jarak jauh atau e-Learning ada beberapa nilai kurang baik yakni tidak adanya interaksi secara langsung sehingga pengajar tidak akan lebih intensif memonitori prilaku atau etitude pelajarnya
    2. Keberadaan guru dan tenaga pelajar sudah tidak lagi di prioritaskan
    3. Baru-baru ini banyak oknum-oknum yang memanfaatkan program sertifikasi yang di adakan oleh lembaga atau instansi tertentu contoh: sertifikasi dari Microsoft Corporation yang terdapat penjokian di dalamnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-prinsip Dasar Multimedia Pembelajaran

PRESENTASI E LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN

PENGEMBANGAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA